Senin, 16 November 2015

SOAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD BERDASARKAN PENDEKATAN EVALUASI PENGAJARAN BAHASA INDONESIA



A.     KISI-KISI SOAL
TUGAS EVALUASI PENGAJARAN BEHASA INDONESIA
Berikut disajikan kisi-kisi soal UASBN. Buatlah rancang bangun soal (soal pilihan ganda dan soal uraian/esai) dan sekaligus kunci jawaban. Berilah keterangan dan penjelasan pendekatan apa yang digunakan pada masing-masing rancang bangun soal!

Kisi-kisi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN)
Bahasa Indonesia SD/MI
No
Standar Kompetensi Lulusan
Kemampuan yang Diukur
Indikator

Membaca berbagai teks non sastra berupa teks sederhana, laporan, dan rubric khusus, serta berbagai kerya sastra berupa puisi anak, dongeng, cerita anak-anak, dan drama anak-anak.
Menentukan isi tersurat/tersirat dari rubrik yang dibaca

Disajikan cuplikan rubrik khusus dari media cetak, siswa dapat menentukan isi/pesannya.
Memahami unsur intrinsik puisi
Disajukan puisi anak-anak, siswa dapat menetukan
-          amanatnya.
-          makna salah satu kata dalam puisi.
Menentukan unsur intrinsik drama anak-anak
Disajikan cuplikan teks drama anak-anak, siswa dapat menentukan amanatnya.
Menentukan unsur intrinsic dan makna kalimat cerita anak-anak.
Disajikan cerita anak satu paragraf, siswa dapat:
-          menentukan temanya
-          menentukan maksud salah satu kalimat dalam cerita

B.     SOAL PILIHAN GANDA
I.                   Berilah tanda (x) pada jawaban yang tepat!
1.      Bacalah kutipan rubrik dibawah ini!
                     
                   Perkenalkan….. Ini yang Namanya Tari Zapin

JAKARTA, KOMPAS.com
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun ini akan menyelenggarakan Temu Zapin Nusantara 2015. Kegiatan seni bertaraf nasional itu akan diikuti oleh peserta perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia.
Acara tersebut akan dilaksanakan pada 28 – 29 November 2015 di Candi Bentar, Taman Mini Indonesia Indah. Selain menampilkan tarian masing-masing peserta, Temu Zapin Nusantara 2015 juga akan menggelar sarasehan dan workshop bagi peserta dari berbagai daerah itu.
Berdasarkan kesepakatan tim narasumber Temu Zapin Nusantara yang terdiri dari Tom Ibnur, Rizaldi Siagian, Maria Darmaningsih, Eri Mefry, serta Sulistyo S. Tirtokusumo, bentuk pergelaran dan konsep tarian ini disuguhkan sebagai khasanah Zapin dari berbagai daerah, baik untuk tarian tradisi maupun Zapin garapan atau kreasi baru.

Isi yang terkandung dalam rubrik diatas adalah….
     a.Temu Zapin Nusantara 2015.
     b.Temu Zapin Nusantara 2015 disuguhkan sebagai khazanah Zapin dari
        berbagai daerah.
     c.Acara tersebut dilaksanakan pada 28-29 November 2015.
     d.Pagelaran Zapin Nusantara


Perhatikan puisi dibawah!
Liburan Telah Tiba
Pagi yang cerah 
Ku bergegas menuju sokolah
Suara gemuruh
Lonceng sekolah
Ku nikmati masa-masa yang indah
Hangat sapa Bersama Teman
Memupuk tawa bersama kawan
Menuntut ilmu ku kerahkan
Demi meraih masa depan
Kemampuan otak terkuras lemah
Terdiam suntuk merasa lelah
Menanti hari-hari yang indah
Dan ku sambut libur sekolah
Sumber : tilulas.com

2.      Amanat yang didapat dari puisi diatas adalah ….
     a.Liburan adalah hari yang ditunggu-tunggu.
     b.Sekolah yang menyenangkan.
     c.Sekolah merupakan jalan untuk menggapai masa depan.
     d.Sekolah merupakan yang terpenting dalam kehidupan.


3.      Makna dari “Bergegas” dalam puisi yang berjudul Liburan Telah Tiba adalah ….
     a.Segera.
     b.Gatal.
     c.Lari.
     d.Buru – buru.


4.      Bacalah naskah drama di bawah dengan baik!

                                                        Kebersihan

Suasana kelas masih sepi saat Keysa datang, hanya ada Nino dan Ryan saja. Keysa melihat banyak sampah yang berserakan di kelas. Dan ia pun meminta tolong Ryan dan Nino untuk membantu.

Keysa : “Selamat pagi Ryan, Nino…”
Ryan    : “Selamat pagi Key..”
Nino    : “Pagi juga Key. Kamu sudah mengerjakan PR belum?”
Keysa  : “Sudah dong, kan Bundaku selalu memeriksa PR ku setiap hari”
Ryan    : “Aku juga sudah”
Keysa  : “Wah, kelas kita kotor sekali ya, banyak sampah kertas dan plastik
               berserakan. Ini pasti sisa  sampah kemarin”
Ryan    : “Iya, kotor sekali. Tapi sudahlah, nanti juga dibersihkan sama Pak
               Amad. Ya kan Nino?”
Nino    : (hanya tersenyum)
Keysa  : “Kita tidak boleh mengandalkan Pak Amad Ryan, kan kita yang
              mengotorinya. Seharusnya kita yang membersihkan”
Ryan    : “Tapi kan pekerjaan pak Amad memang bersih-bersih.”
Keysa  : “Oya memang, tapikan kita harus belajar mandiri, kita jug amasih
              ias membersihkan ini bersama-sama dengan teman yang lain.”
Ryan  : “Ah aku malas..sana kamu saja Key”
Amanat yang terkandung dalam cuplikan teks drama tersebut adalah….
     a.Kebersihan kelas, adalah tanggung jawab warga sekolah
     b.Kebersihan tanggung jawab semua orang
     c.Sebagai siswa kita harus mampu mandiri dalam menjaga kebersihan
     d.Bersih itu indah

      Bacalah cerita dibawah ini!
Pandai Besi dan Anjingnya
Karya : Aesop

Seorang pandai besi memiliki anjing kecil yang biasanya tertidur ketika tuannya sedang bekerja, dan terjaga ketika tiba waktunya untuk makan.
Suatu hari tuannya berpura-pura marah akan hal ini. Dan ketika sang Pandai Besi melemparkan sepotong tulang untuk makanan anjingnya, seperti yang biasa dilakukannya, ia pun berkata,
"Apa gunanya makhluk malas seperti kamu? Ketika saya bekerja keras memukul besi, kamu hanya meringkuk dan tidur nyenyak, tetapi tidak lama setelah saya berhenti bekerja untuk beristirahat makan, kamupun bangun dan mengibaskan ekormu minta diberi makan."
5.      Tema dari cerita di atas adalah ….
     a.Percintaan.
     b.Tragedi.
     c.Kehidupan sehari-hari.
     d.Kebencian.

6.      Maksud dari kalimat“Seorang pandai besi memiliki anjing kecil yang biasanya tertidur ketika tuannya sedang bekerja, dan terjaga ketika tiba waktunya untuk makan” pada cerita tersebut adalah ....
     a.Anjing makan itu bangun ketika seorang pandai besi itu makan.
     b.Anjing itu bangun ketika sang pandai besi tidur
     c.Anjing itu tidur saat sang pandai besi makan
     d.Anjing itu bangun ketika sang pandai besi hendak makan

C.     SOAL URAIAN/ESAI
II.                Kerjakan soal dibawah ini!

Bacalah kutipan rubrik dibawah ini!
                    
                       Perkenalkan….. Ini yang Namanya Tari Zapin

JAKARTA, KOMPAS.com
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun ini akan menyelenggarakan Temu Zapin Nusantara 2015. Kegiatan seni bertaraf nasional itu akan diikuti oleh peserta perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia.

Acara tersebut akan dilaksanakan pada 28 – 29 November 2015 di Candi Bentar, Taman Mini Indonesia Indah. Selain menampilkan tarian masing-masing peserta, Temu Zapin Nusantara 2015 juga akan menggelar sarasehan dan workshop bagi peserta dari berbagai daerah itu.

Berdasarkan kesepakatan tim narasumber Temu Zapin Nusantara yang terdiri dari Tom Ibnur, Rizaldi Siagian, Maria Darmaningsih, Eri Mefry, serta Sulistyo S. Tirtokusumo, bentuk pergelaran dan konsep tarian ini disuguhkan sebagai khasanah Zapin dari berbagai daerah, baik untuk tarian tradisi maupun Zapin garapan atau kreasi baru.

1.      Tentukan pesan yang terkandung dalam rubrik diatas!

Perhatikan puisi dibawah!
Liburan Telah Tiba
Pagi yang cerah 
Ku bergegas menuju sokolah
Suara gemuruh
Lonceng sekolah
Ku nikmati masa-masa yang indah
Hangat sapa Bersama Teman
Memupuk tawa bersama kawan
Menuntut ilmu ku kerahkan
Demi meraih masa depan
Kemampuan otak terkuras lemah
Terdiam suntuk merasa lelah
Menanti hari-hari yang indah
Dan ku sambut libur sekolah
Sumber : tilulas.com

2.      Amanat dari puisi diatas adalah ….

3.      Makna dari “Bergegas” dalam puisi yang berjudul Liburan Telah Tiba adalah ….

  Bacalah maskah drama di bawah dengan baik!

                                                        Kebersihan

Suasana kelas masih sepi saat Keysa datang, hanya ada Nino dan Ryan saja. Keysa melihat banyak sampah yang berserakan di kelas. Dan ia pun meminta tolong Ryan dan Nino untuk membantu.

Keysa          : “Selamat pagi Ryan, Nino…”
Ryan           : “Selamat pagi Key..”
Nino            : “Pagi juga Key. Kamu sudah mengerjakan PR belum?”
Keysa          : “Sudah dong, kan Bundaku selalu memeriksa PR ku setiap
                      hari”
Ryan           : “Aku juga sudah”
Keysa          : “Wah, kelas kita kotor sekali ya, banyak sampah kertas dan
                      plastic berserakan. Ini pasti sisa  sampah kemarin”
Ryan           : “Iya, kotor sekali. Tapi sudahlah, nanti juga dibersihkan sama
                      Pak Amad. Ya kan Nino?”
Nino            : (hanya tersenyum)
Keysa          : “Kita tidak boleh mengandalkan Pak Amad Ryan, kan kita
                      yang mengotorinya. Seharusnya kita yang membersihkan”
Ryan           : “Tapi kan pekerjaan pak Amad memang bersih-bersih.”
Keysa          : “Oya memang, tapikan kita harus belajar mandiri, kita juga
                      masih membersihkan ini bersama-sama dengan teman yang
                      lain.”
Ryan           : “Ah aku malas..sana kamu saja Key”

4.      Tentukanlah amanat yang terkandung dari cuplikan teks drama diatas!
 Bacalah cerita dibawah ini!
Pandai Besi dan Anjingnya
Karya : Aesop
Seorang pandai besi memiliki anjing kecil yang biasanya tertidur ketika tuannya sedang bekerja, dan terjaga ketika tiba waktunya untuk makan.
Suatu hari tuannya berpura-pura marah akan hal ini. Dan ketika sang Pandai Besi melemparkan sepotong tulang untuk makanan anjingnya, seperti yang biasa dilakukannya, ia pun berkata,
"Apa gunanya makhluk malas seperti kamu? Ketika saya bekerja keras memukul besi, kamu hanya meringkuk dan tidur nyenyak, tetapi tidak lama setelah saya berhenti bekerja untuk beristirahat makan, kamupun bangun dan mengibaskan ekormu minta diberi makan."

5.      Tentukanlah tema dari cerita diatas!

6.      Maksud dari kalimat“Seorang pandai besi memiliki anjing kecil yang biasanya tertidur ketika tuannya sedang bekerja, dan terjaga ketika tiba waktunya untuk makan” pada cerita tersebut adalah ....

D.    KUNCI JAWABAN
I.                   PILIHAN GANDA
1.      B. Temu Zapin Nusantara 2015 disuguhkan sebagai khazanah Zapin dan
     berbagai daerah.
2.      C. Sekolah merupakan jalan untuk menggapai masa depan.
3.      A. Segera.
4.      C. Sebagai siswa kita harus mampu mandiri dalam menjaga kebersihan
5.      C. Kehidupan sehari-hari
6.      D. Anjing itu bangun ketika sang pandai besi hendak makan

II.                URAIAN/ESAI
1.      Temu Zapin Nusantara 2015 disuguhkan sebagai khazanah Zapin dan berbagai daerah.
2.      Sekolah merupakan jalan untuk menggapai masa depan.
3.      Segera.
4.      Sebagai siswa kita harus mampu mandiri dalam menjaga kebersihan
5.      Kehidupan sehari-hari
6.      Anjing itu bangun ketika sang pandai besi hendak makan

E.     PENDEKATAN YANG DIGUNAKAN
I.                   PILIHAN GANDA
1.      Pendekatan Pragmatik
2.      Pendekatan Integratif
3.      Pendekatan Diskret
4.      Pendekatan Pragmatik
5.      Pendekatan Integratif
6.      Pendekatan Pragmatik

II.                URAIAN / ESAI
1.      Pendekatan Pragmatik
2.      Pendekatan Integratif
3.      Pendekatan Diskret
4.      Pendekatan Pragmatik
5.      Pendekatan Integratif
6.      Pendekatan Pragmatik




Tidak ada komentar:

Posting Komentar